Laman

Menyajikan Rangkuman Berita Sepakbola Terupdate Perharinya

Kamis, 08 Maret 2012

Gol Tumit Xandao Tundukkan Manchester City

Torehan Xandao yang tercipta lewat backheel usai turun minum memastikan Sporting mengantungi keunggulan agregat 1-0 atas The Eastlands.

Kontestan Portugal, Sporting CP, sukses memukul tim kaya Inggris, Manchester City, yang datang berkunjung ke Estadio Jose Alvalade pada Jumat (9/3) dinihari WIB.

Gol Xandao yang tercipta lewat aksi tendangan tumitnya di awal babak kedua bagi tuan rumah menjadi satu-satunya pembeda dalam duel pertama 16 besar Liga Europa ini.

Kendati hanya 1-0, keunggulan ini menjadi bekal berharga bagi Sporting sebelum ganti bertandang ke Etihad Stadium pada leg kedua.

Jalannya pertandingan:

Baru tiga menit laga berjalan, Sporting sudah mengancam gawang The Citizens. Umpan jauh Daniel Carrico menuju Ricky van Wolfswinkel memaksa Joe Hart keluar dari gawangnya untuk menghalau bola, yang akhirnya jatuh kepada Stijn Schaars.

Gelandang asal Belanda itu kemudian berusaha melepaskan tembakan chip, namun percobaannya berakhir melebar.

Bek City, Vincent Kompany, mengalami problem otot saat menit baru menunjukkan angka delapan. Kekurangan pemain di kubu tamu sebelum Kompany akhirnya digantikan Joleon Lescott sempat dimaksimalkan Sporting.

Serangan cepat mereka berujung dengan tembakan Joao Pereira dari dalam kotak penalti City, namun bola tepat mengarah kepada Hart dan langsung ditinju sang kiper.

Peluang pertama bagi kubu tamu akhirnya hadir tak lama berselang. Berawal dari situasi sepak pojok, Aleksandar Kolarov mengirimkan umpan silang yang disambut Kolo Toure, tapi tandukannya kandas oleh penyelamatan kiper Rui Patricio dengan kakinya.

Alur permainan setelah itu berjalan lambat. Sporting lebih dominan dalam penguasaan bola di 20 menit terakhir babak pertama, tetapi kesulitan menembus rapatnya barikade pertahanan City. Skor kacamata pun terus bertahan sampai kedua tim masuk ruang ganti.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan enam menit memasuki babak kedua. Sebuah tendangan bebas yang dieksekusi Matias Fernandez dapat ditip Hart, namun bola jatuh kepada Xandao yang kemudian melepaskan tembakan.

Setelah upaya pertamanya kembali digagalkan Hart, bek Brasil itu langsung menuntaskan bola muntah dengan tendangan tumit yang bersarang di dalam gawang City. 1-0 buat Sporting.

Tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan sesaat kemudian. Berawal dari operan Schaars, Emiliano Insua meneruskan si kulit bundar dengan umpan tarik menuju Van Wolfswinkel. Sayang, tembakan jarak dekat yang dilepaskan nama terakhir tepat mengarah ke pelukan Hart.

Performa City membaik setelah Mario Balotelli masuk menggantikan di menit ke-70. Tak lama setelah menapaki lapangan, striker muda Italia itu langsung beraksi dengan mendribel bola menyisir sisi kiri pertahanan Sporting sebelum memberi umpan kepada David Silva, tapi tendangan pemain Spanyol itu melenceng dari sasaran.

Tim asuhan Roberto Mancini memperoleh kesempatan emas untuk memaksakan hasil seri di pengujung laga. Berada dalam situasi satu lawan satu dengan Patricio, Sergio Aguero mencungkil bola melewati sang penjaga gawang. Beruntung bagi Sporting, Xandao datang tepat waktu untuk menghalau bahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar