Laman

Menyajikan Rangkuman Berita Sepakbola Terupdate Perharinya

Kamis, 08 Maret 2012

Athletic Bilbao Permalukan Manchester United

Los Leones menyuguhkan performa hebat di Old Trafford dan membukukan kemenangan 3-2.

Tampil luar biasa di Old Trafford, Athletic Bilbao sukses membuat kejutan dengan menggebuk tuan rumah Manchester United 3-2 pada partai pertama fase 16 besar Liga Europa.

Dalam laga yang mentas pada Jumat (9/3) dinihari WIB tersebut, Los Leones ketinggalan lebih dahulu lewat Wayne Rooney sebelum membalikkan keadaan via gol-gol Fernando Llorente, Oscar De Marcos, dan Iker Muniain.

Rooney mencetak gol kedua dari titik putih untuk mengubah skor menjadi 3-2 pada menit-menit akhir pertandingan.

Hasil ini menjadi modal amat positif buat pasukan Marcelo Bielsa untuk melaju ke babak delapan besar mengingat second leg bakal dimainkan di San Mames.

United sendiri wajib menang dengan selisih dua gol bersih, atau satu gol tapi dengan skor 4-3 ke atas, jika ingin melanjutkan partisipasi di Benua Biru musim ini.

Jalannya pertandingan:

Walau bermain di kandang lawan yang berstatus raksasa Liga Primer Inggris, Bilbao sama sekali tak terlihat gentar. Sebaliknya, kontestan La Liga itu berani menekan sejak awal laga.

Ancaman pun ke gawang United pun langsung dihadirkan pada menit keempat lewat aksi Fernando Llorente. Sayang, tembakan striker jangkung itu meleset tipis.

Tak lama setelah itu, Llorente ditarik hingga jatuh oleh Chris Smalling di dalam kotak penalti United, namun klaim penalti tak digubris wasit, yang justru memberikan tendangan bebas buat Setan Merah.

Kendati lebih banyak diserang, skuad besutan Sir Alex Ferguson sanggup membuka skor terlebih dahulu pada menit ke-22.

Menerima operan Ryan Giggs, Javier Hernandez memindahkan bola untuk ditembak dengan kaki kirinya. Kiper Gorka Iraizoz bisa menepis, namun bola rebound langsung dituntaskan Wayne Rooney.

Defisit 1-0 toh tak melunturkan semangat anak-anak Basque. Setelah tiga kans dari Llorente, Markel Susaeta, dan Andoni Iraola masih gagal berbuah gol, Bilbao akhirnya menyamakan angka semenit jelang turun minum.

Umpan silang Susaeta dari sisi kanan ditanduk masuk Llorente ke gawang David de Gea, yang sebenarnya tampil prima dalam pertandingan ini.
Los Leones sama sekali tak mengendurkan intensitas serangan pada babak kedua, namun peluang demi peluang mentah oleh penyelamatan-penyelamatan De Gea, di antaranya dua tendangan kencang dari Muniain dan Llorente.
Kiper muda Spanyol yang memiliki banyak rekan satu tim La Furia Roja Junior di kubu Bilbao itu akhirnya takluk untuk kali kedua pada menit ke-72. Kombinasi Muniain dan Susaeta dilanjutkan dengan umpan chip Ander Herrera kepada De Marcos yang melesatkan tembakan first time kaki kiri. 2-1 untuk Bilbao.
Keunggulan ditambah armada Bielsa pada menit terakhir waktu normal. Muniain menyelesaikan bola muntah hasil tembakan De Marcos yang sempat ditangkis De Gea. Kubu United protes karena gol ini bermula ketika salah satu sepatu Patrice Evra lepas, tapi wasit tetap mengesahkannya.

Pada menit kedua injury time, The Red Devils memperoleh penalti menyusul handball pemain bertahan Bilbao di kotak rawan. Rooney sebagai algojo menunaikan tugas dengan baik untuk menipiskan kekalahan timnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar