Laman

Menyajikan Rangkuman Berita Sepakbola Terupdate Perharinya

Rabu, 07 Maret 2012

Ditahan Bologna, Juventus Gagal Rebut Capolista

Lawatan ke Renato Dall'Ara berujung dengan hasil seri ke-13 bagi Juventus di Serie A musim ini.

uventus membuang kesempatan untuk menyamai perolehan poin AC Milan di puncak klasemen Serie A. Bertamu ke kandang Bologna pada laga tunda giornata 23, Kamis (8/3), I Bianconeri hanya membukukan hasil imbang 1-1.

Padahal kalau sukses meraup angka penuh, Juve berhak menyabet predikat capolista karena unggul rekor head-to-head atas Milan.

Tuan rumah memimpin lebih dahulu pada menit ke-17 lewat striker veteran Marco Di Vaio. Cungkilan Mirko Vucinic menyamakan kedudukan untuk Juve pada babak kedua.

Dalam laga ini, wasit Luca Banti memberikan dua kartu merah bagi tim tamu. Pertama diberikan untuk pelatih Antonio Conte karena protes keras, lalu Leonardo Bonucci menyusul dengan kartu kuning kedua pada menit ke-84 setelah melanggar Gaston Ramirez.

Jalannya pertandingan:


Setelah seperempat jam pertama berjalan datar menyusul kesulitan kedua tim untuk langsung mengembangkan permainan, Marco Di Vaio mengejutkan lini pertahanan Juve dengan membobol gawang Gianluigi Buffon.

Bomber gaek 35 tahun itu lolos dari perangkap off-side I Bianconeri saat berlari menyambut umpan terobosan Gaston Ramirez. Tinggal berhadapan langsung dengan Buffon, Di Vaio pun dengan tenang melepaskan tembakan terarah untuk mengantar Bologna memimpin di menit ke-17.

Pasukan Conte berusaha bangkit, namun performa mereka di kelanjutan paruh pertama tergolong buruk dengan lebih banyak diwarnai kesalahan-kesalahan umpan.

Pasokan bola-bola panjang menuju duet striker, Mirko Vucinic dan Marco Borriello, pun jauh dari memadai sehingga skor 1-0 bagi tuan rumah tak berubah hingga turun minum.

Juventus baru dapat meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Sempat terancam oleh tembakan Diego Perez yang melayang di atas mistar tak lama setelah jeda, I Bianconeri perlahan mendominasi alur permainan.

Puncaknya adalah saat Andrea Pirlo, yang tampil jauh lebih baik ketimbang di paruh pertama, mengirimkan bola terobosan matang kepada Vucinic.

Tanpa mengontrol lebih dahulu, eks penyerang AS Roma langsung mencongkel bola dengan kaki kanannya untuk menaklukkan kiper Jean-Francois Gillet (59').

Lima menit berselang, Juve memperoleh kesempatan emas untuk berbalik unggul. Tandukan Borriello menyambut crossing Simone Pepe dari sisi kanan digagalkan dengan brilian oleh Gillet, bola muntah kemudian disontek Claudio Marchisio, namun upayanya justru mengarah tepat ke badan Gillet.

Pada menit ke-72, wasit mengusir Antonio Conte dari lapangan karena melancarkan protes keras. Tak diketahui apa yang menjadi komplain sang pelatih, namun kemungkinan ia menilai insiden di kotak penalti Bologna tak lama sebelumnya pantas berbuah tendangan 12 pas.

Enam menit sebelum laga bubar, Juve harus bermain dengan sepuluh orang setelah Leonardo Bonucci diganjar ammonito kedua akibat pelanggaran keras terhadap Ramirez. Tak ada gol tambahan sampai peluit panjang berbunyi.

Juve tetap belum terkalahkan di Serie A, tapi hasil seri ke-13 dari 26 laga membuat mereka masih tertinggal dua angka dari Milan. Sementara Bologna naik ke urutan 13 dengan koleksi 32 poin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar